Tips Merawat Cassete

19 Dec 2010

Tips Merawat Koleksi Kaset dan PH Lawas

Merawat Tape Recorder dan Cassette

A. Merawat Tape Recorder
1. Jangan pernah menyimpan kaset dalam kondisi setengah habis (masih terdapat pita hitam). Pastikan kaset tersimpan dalam kotaknya dalam kondisi habis (pita putih) untuk menghindari perubahan kualitas suara kaset.
2. Kebiasaan menyimpan kaset di dalam tape bukanlah hal yang baik. Head tape adalah medan magnet yang bisa membuat koleksi kaset mengalami perubahan suara naik turun. Setelah didengarkan, keluarkan segera kaset dan simpan pada kotaknya.
3. siapkan rak khusus koleksi kaset dengan sirkulasi udara yang baik. Berikan rongga antar kaset, sehingga meminimalisir koleksi dari resiko terkena jamur. Jika sudah dempet-dempet dan salah satu koleksi kena jamur, biasanya nular ke koleksi lain.

Apakah agan menggemari tembang-tembang lawas yang hanya bisa anda temukan di kaset audio atau piringan hitam? Jika jawabannya iya dan sering kesel lantaran koleksi kaset atau PH bermasalah saat diputar, ane berbagi tips cara merawat koleksi kaset dan piringan hitam

Tips ini ane dapet dari salah satu penjual kaset dan PH lawas di Bandung. Jadi kemungkinan besar enggak

Pertama, jangan pernah menyimpan kaset dalam kondisi setengah habis (masih terdapat pita hitam). Pastikan kaset tersimpan dalam kotaknya dalam kondisi habis (pita putih) untuk menghindari perubahan kualitas suara kaset

Kedua, kebiasaan menyimpan kaset di dalam tape bukanlah hal yang baik. Head tape adalah medan magnet yang bisa membuat koleksi kaset mengalami perubahan suara naik turun. Setelah didengarkan, keluarkan segera kaset dan simpan pada kotaknya.

Ketiga, siapkan rak khusus koleksi kaset dengan sirkulasi udara yang baik. Berikan rongga antar kaset, sehingga meminimalisir koleksi dari resiko terkena jamur. [Kalo udah dempet-dempet dan salah satu koleksi kena jamur, biasanya nular ke koleksi lain gan].

tips-03

Jika koleksi kaset sudah terlanjur terkena jamur. Rendam kaset ke dalam ember berisi air selama 1-2 hari. Setelah itu, keringkan kaset di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung sampai kaset benar-benar kering.

Berikan silica gel di tempat menyimpan koleksi kaset. Pemakaian silica gel dipercaya ampuh mencegah kaset-kaset terkena jamur.

Untuk piringan hitam, cek kondisi tiap track. Apakah ada track yang kotor atau tidak. Jika ada, berarti harus membersihkannya menggunakan pembersih plat atau bisa dengan tissue yang telah dibasahi dengan air sabun dengan kadar PH rendah.

Jangan pernah memaksa memutar piringan hitam yang banyak tergores di turntable. Jika dipaksakan, bukan tidak mungkin jarum turntable akan patah.

Sumber : www.kaskus.us

.


TAGS


-

Author

Follow Me